UTENSIL DAN EQUPMENT

1. Spatula Karet
2121093_5eacd01b-233a-4bd6-8704-02e979314f48        Spatula ini masih memiliki fungsi yang sama seperti spatula stainless atau kayu. Benda ini berfungsi utama untuk mengaduk dan menyatukan berbagai isi wajan. Spatula karet biasanya lebih sering ditemui dalam warna hitam.
Penggunaannya hanya untuk wajan antilengket. Alat masak ini hanya akan tahan pada suhu panas tertentu, jadi saat kamu meletakkannya pada wajan biasa, maka jangan heran jika spatula itu akan rusak dan lengket. Bahkan saat diletakkan pada pinggir wajan, spatula karet pun bisa dengan mudah rusak dan meleleh.
Pasca penggunaannya untuk mengaduk adonan kue, benda ini umumnya akan menjadi sangat kotor dan lengket. Tepung dan telur menjadi satu menempel pada spatula dan cenderung sulit dihilangkan. Jika kamu pernah mengalami hal ini dan bingung bagaimana cara mengatasinya, maka sediakanlah air hangat, jeruk nipis, dan sabun pencuci piring.  Caranya adalah dengan menyiram spatula dengan air hangat. Bahkan kamu dapat merendamnya selama beberapa menit.  Jika bekas adonan sudah keluar dari spatula, maka oleskan spatula dengan jeruk nipis. Diamkan beberapa saat dan siram sekali lagi dengan air bersih. Jika sudah, maka kamu bisa mencucinya seperti biasa
2.  Rolling Pin
download
Alat penggiling yang terbuat dari bahan kayu termasuk yang klasik atau tradisional yang telah dibuat sejak lama. Berbagai kayu bisa digunakan untuk membuatnya, termasuk kayu dengan aroma khas seperti kayu pinus. Semakin besar ukuran alat penggiling ini maka semakin berat pula bobotnya. Tapi punya kelemahan pada adonan atau bahan yang memiliki tekstur lengket karena adonan akan menempel dan membuat bentuknya tidak bagus. Memang beberapa sengaja dibuat dengan kayu berminyak sehingga tidak mudah menempel pada adonan. Cara membersihkan cukup dengan memcucinya dengan sabun.
3.  Oven
images
Oven adalah sebuah peralatan berupa ruang termal terisolasi yang digunakan untuk pemanasan, pemanggangan (baking) atau pengeringan suatu bahan,[1] dan umumnya digunakan untuk memasakTungku pembakaran dan tanur adalah oven-oven khusus, yang masing-masing digunakan untuk tembikar dan pengolahan logam. Beberapa oven menyediakan berbagai alat bantu untuk membersihkan.
Oven pembersih terus-menerus memiliki ruang oven yang dilapisi permukaan katalitik yang membantu memecah (mengoksidasi) splatters makanan dan tumpahan dari waktu ke waktu. Oven pembersih otomatis menggunakan dekomposisi pirolitik (panas yang ekstrem) untuk mengoksidasi kotoran. Oven uap dapat menyediakan siklus rendam basah untuk melonggarkan kotoran, memungkinkan penghapusan manual lebih mudah. Dengan tidak adanya metode khusus, pembersih oven kimia kadang-kadang digunakan atau hanya digosok.

Komentar