terminologi

FOOD TERMINOLOGY OF TABLE D'HOTE

1. ZUCCHINI SAUTE PROVENCALE
     
     Masakan Provencale ( Cuisine provencale) adalah salah satu variasi masakan Perancis yang berasal dari wilayah Provence di Region Provence -Alpes- Coge d'Azur. Wilayah Provence menghasilkan kuliner dengan beragam bahan segar dari makanan laut , sayur-sayuran ,herbal dan buah -buahan .

        Warga Provence lebih memilih menggunakan saus dari minyak zaitun daripada krim atau mentega . Selain itu , bahan-bahan sayuran ,herbal ,dan makanan laut lebih banyak digunakan ,terutama ikan kod dan teri . Sejarahnya kuliner Provence dipengaruhi oleh bangsa Yunani di banding daerah lain di Perancis , pengaruh kuliner Italia paling besar memengaruhi masakan daerah ini . Bahan sayur dan kacang - kacangan yang umum digunakan antara lain tomat , bawang putih, herba , terong dan sebagainya .

Sumber: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Masakan_Provence

2. SAMBAL ULANG-ULANG

     Sambal adalah saus pedas dengan bahan utama yang disiapkan dari cabai yang dilumatkan sehingga keluar kandungan saricabe dan ditambah bahan-bahan lain seperti garam dan terasi. Sambal merupakan salah satu unsur khas hidangan Indonesia, Melayu ditemukan pula dalam kuliner Asia Selatan dan Asia Timur. Ada bermacam-macam variasi sambal yang berasal dari berbagai daerah.

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sambal

3. CUSTARD TART

    Custard tarts atau flans pâtissier adalah kue kering yang terdiri dari kerak pastry luar yang diisi dengan custard telur dan dipanggang. Perkembangan puding sangat erat kaitannya dengan custard tart atau pie yang berasal dari bahasa Prancis croissade tua, yang berarti sejenis kue pai.
       
     Beberapa nama lain untuk varietas tart custard di Abad Pertengahan adalah doucettes dan darioles . Pada 1399, perjamuan penobatan yang disiapkan untuk Henry IV termasuk "doucettys".
Resep Abad Pertengahan umumnya termasuk shortcrust dan puff pastry case yang diisi dengan campuran krim, susu, atau kaldu dengan telur, pemanis seperti gula atau madu, dan terkadang rempah-rempah. Resep ada sejak abad ke-14 yang masih bisa dikenali sebagai kue puding hari ini.                   
        
     Tart juga bisa disiapkan dengan susu almond pada saat puasa seperti Prapaskah , meskipun ini agak mahal dan hanya populer dengan orang yang kaya raya. Seringkali, bahan gurih seperti daging babi cincang atau sumsum daging sapi juga ditambahkan (kombinasi bahan manis dan gurih lebih sering terjadi di Inggris abad pertengahan), namun tidak seperti quiche modern, custard yang mengisi sendiri selalu manis.

Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Custard_tart

4. CHOWDER

     Chowder atau Sup kental adalah sejenis sup atau rebusan yang sering disiapkan dengan susu atau kremdan ditebal dengan pecahan kerupuk , biskuit kapal hancur, atau roux . Variasi chowder bisa berupa makanan laut atau sayuran . Kerupuk seperti kerupuk tiram atau asin bisa menyertai chowders sebagai barang samping, dan potongan kerupuk bisa dijatuhkan di atas piring.
          
        Clam chowder New England biasanya dibuat dengan kerang cincang dan kentang potong dadu, dengan campuran krim dan susu dasar, seringkali dengan sedikit mentega. Bubuk umum lainnya termasuk seafood chowder, yang meliputi ikan, kerang, dan banyak jenis kerang lainnya; jagung chowder , yang menggunakan jagung bukan kerang; berbagai macam ikan chowders ; [1]dan kentang chowder, yang sering dibuat dengan keju. Chowder ikan, sup krim jagung, dan clam chowder sangat populer di wilayah Amerika Utara di New England dan Atlantik Kanada .

Sumber : https://en.m.wikipedia.org/wiki/Chowder

5. SAMBAL MATAH
 
     Be pasih mesambel matah (nama dalam bahasa Bali, artinya ikan laut sambal mentah) adalah nama salah satu makanan khas Bali.

    Makanan ini terbuat dari ikan laut segar, yang dilaburi dengan bumbu bawang putih, ketumbar, kunyit, terasi, garam dan kadang-kadang dengan kencur. Setelah bumbu ikannya meresap, lalu dipanggang dengan arang kayu atau arang batok kelapa. Adapun bahan sambalnya terdiri atas bawang merah, cabai rawit, sereh, terasi bakar, garam, dan bisa juga ditambahkan cabai besar untuk memberi tambahan rasa. Bahan-bahan tersebut dicampur, dirajang halus, lalu diremas-remas untuk menyatukan rasa. Terakhir, ditambahkan minyak kelapa asli dan air perasan jeruk limau.
        
    Makanan ini disajikan biasanya bersama dengan nasi, plecing kangkung dan daun kemangi. Makanan ini cukup populer di daerah-daerah pesisir Bali; diantaranya di pantai Jimbaran (Kuta), pantai Sanur (Denpasar), dan pantai Lebih (Gianyar).

Sumber : https://id.m.wikipedia.org/wiki/Be_pasih_mesambel_matah

6. PATE

     Pate adalah hidangan pembuka dingin yang terbuat dari daging ayam, sapi, ikan, hati yang dicincang halus dan diberi bumbu kemudian dicetak dengan cetakan empat persegi panjang, bahan dan dibungkus dengan adonan (pie) kemudian dimasukan kedalam cetakan dan dipanggang didalam oven. setelah dingin diberikan lapisan aspic jelly dan dimasukan ke dalam lemari pendingin.

     Pate dihidangkan dingin, dipotong potong seberat 75-100gr per orang. nama pate di ambil dari bahan pokok yang dipergunakan misalnya chicken pate, game pate, veal pate, fish pate atau liver pate.

Sumber : http://ensavoirculinaire.blogspot.co.id/2014/12/apa-itu-pate.html?m=1

7. PISANG GORENG

     Pisang goreng adalah makanan ringan yang banyak ditemui di IndonesiaSingapura dan Malaysia. Makanan ini dibuat dari buah pisang, sesudah di kupas kulitnya dipotong-potong sesuai keinginan kemudian di lumuri bersama adonan kental terbuat dari campuran tepungtelur, sedikit garam dan gula selanjutnya digoreng dalam minyak goreng.
     Pisang goreng sering ditemui dijual di warung tegal atau warung kopi sebagai makanan pendamping teh atau kopi. Saat ini pisang goreng merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Kadang-kadang pisang goreng diberi topping seperti keju, susu kental manis, cokelat, dan lain sebagainya.
Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pisang_goreng
8. CHEESE CAKE
     Cheesecake (Bahasa Indonesia: "kue keju") adalah kue yang biasanya dimakan sebagai hidangan penutup dan dibuat dengan mencampurkan keju yang bertekstur lembut, telursusu, dan gula. Keju yang umumnya digunakan untuk membuat cheesecakeadalah keju krim, namun dapat juga digunakan keju lainnya seperti cottage cheesericottamascarponeneufchâtel ataupun keju quark. Cheesecake umumnya diberi hiasan buah segar, krim dan lapisan gula. Bagian dasar dari cheesecake dapat diisi dengan biskuit grahamkacang yang dihancurkan, ataupun bahan lainnya yang bertekstur rapuh. Walaupun disebut cake atau bolucheesecake bukan merupakan sejenis kue bolu melainkan dapat dikategorikan sebagai pai atau custard yaitu campuran telur dan susu yang dipanggang atau dimasak dengan air panas dan menjadi kental akibat proses koagulasi protein telur. Cheesecake dapat dipanggang ataupun tidak dipanggang. Cheesecake yang menggunakan telur umumnya dipanggang untuk mematangkan telur tersebut. Sementara itu, gelatin digunakan untuk cheesecake yang tidak dipanggang. Baik dipanggang ataupun tidak, cheesecake harus disimpan di lemari es terlebih dahulu sebelum disajikan.
9. TELUR DADAR
      Telur dadar atau omelet adalah variasi hidangan telur goreng yang disiapkan dengan cara mengocok telur dan menggorengnya dengan minyak goreng atau mentega panas di sebuah wajan.

10. GORENGAN
      Di Indonesia gorengan adalah makanan ringan yang populer. Penjual gorengan dapat ditemukan di tepi jalan atau berkeliling dengan pikulan atau gerobak. Bahan-bahan yang dilapis adonan tepung dan digoreng antara lain; pisang gorengtempetahuoncomubisingkong, cireng (Bahasa SundaAci digoreng), yaitu tepung singkong digoreng, sukun, dan bakwan (di Jawa Barat disebut "bala-bala") yaitu adonan tepung yang dicampur cacahan kubis dan wortel. Salah satu jenis gorengan yang populer adalah Tahu SumedangPerkedel jagung dan perkedel kentang juga masuk dalam kategori gorengan. Gorengan biasanya dimakan dengan cabe rawit. Di Malaysia dan Brunei gorengan juga lazim ditemui, antara lain pisang dan ubi goreng.
    Dalam Masakan Jepang, sayuran dan hidangan laut (terutama udang) yang digoreng disebut tempura, dimakan dengan dicelupkan pada saus kecap asin-manis yang cair dan ringan. Di India gorengan juga populer.

Komentar