ttugas terminologi

TUGAS TERMINOLOGI MASAKAN CINA


1. CHINESE SPINACH AND PEANUT SALAD


      Chinese spinach and peanut salad adalah kombinasi dari “cuka kacang tua” ( 老醋 花生, lao cu hua sheng ) dan salad bayam gaya Cina. Kedua hidangan tersebut adalah bintang di restoran lokal Cina dan kadang-kadang orang-orang melayani mereka bersama-sama untuk menciptakan mouthfeel yang lebih baik.

    Untuk memasak cuka kacang tanah, kacang goreng digoreng dengan cepat sampai renyah dan kemudian dilumuri dengan saus cuka yang pedas. Kacang adalah mentega dan renyah, sementara cuka menambah rasa yang enak dan membuat hidangan lebih menggugah selera. Salad bayam berbagi ide yang sama, dan bayam pucat disajikan dengan saus cuka yang sama. Kedua hidangan disajikan sebagai makanan pembuka sederhana, atau disebut hidangan dingin ( 凉菜, liang cai ), di Cina.

    Saus cuka adalah kuncinya. Biasanya menggunakan cuka lama ( 老醋, lao cu ), cuka hitam tua Cina yang dekat dengan cuka balsamic. Ide berpakaian mirip dengan gaya Italia balsamic vinaigrette juga - cuka dicampur dengan rempah-rempah, minyak dan rempah-rempah. Tetapi alih-alih menggunakan minyak zaitun dan lada hitam, lada Cina sering menggunakan kombinasi jahe, bawang putih, kecap, saus tiram, lada putih, minyak wijen, biji wijen panggang, gula, dan garam. Ini memiliki nuansa manis dan petunjuk yang gurih, tetapi asam menyegarkan mendominasi rasa.

2. BEEF RICE BOWL
        
       Hidangan yang sangat populer di Cina. Meskipun berasal dari Jepang (nama aslinya adalah Gyudon), banyak kafetaria di Beijing telah mengadopsinya dan menaruhnya di menu makan siang mereka.
       Mangkuk daging sapi benar-benar sederhana. Ini menggunakan irisan daging sapi yang sangat tipis dan bawang, direbus dalam kaldu manis sampai empuk, dan kemudian disajikan di semangkuk nasi. Kebanyakan resep menggunakan kecap, mirin, dan gula untuk membuat kaldu.

3. TRADITIONAL EGG DROP SOUP
      
           Sup rebusan telur (secara harfiah "sup bunga telur") adalah sup Cina berupa telur kocok tipis dalam kaldu ayam rebus. Bumbu-bumbu seperti lada hitam atau lada putih, dan daun bawang dan tahu cincang halus adalah opsional, tetapi biasanya ditambahkan ke sup. Sup ini selesai dengan menambahkan aliran tipis telur kocok ke kaldu mendidih di saat-saat terakhir memasak, menciptakan untaian tipis, sutra atau serpihan telur rebus yang mengapung dalam sup. Sup rebusan telur menggunakan resep yang berbeda dikenal sebagai sup yang sederhana untuk disiapkan di negara-negara Asia Timur dan Barat yang berbeda.

4. TANG ZHONG

           Tangzhongatau water roux , adalah adonan campuran roti yang dibuat untuk membuat roti menjadi lebih lembab. Dengan cara ini kandungan air yang diserap oleh roti menjadi lebih banyak sehingga roti yang dihasilkan sulit menjadi kering.  Tang zhong (juga dikenal sebagai 'roux air') adalah metode yang digunakan dalam pembuatan roti untuk menciptakan roti lembut dan halus yang berasal dari Jepang. Namun, itu dipopulerkan di seluruh Asia Tenggara pada 1990-an oleh seorang wanita China bernama Yvonne Chen yang menulis sebuah buku berjudul The 65 ° Bread Doctor. Menggunakan metode ini juga memungkinkan roti untuk tetap segar lebih lama tanpa perlu menggunakan pengawet buatan. Di Cina disebut tang zhong, sementara di Perancis namanya water roux method. Tapi menurut beberapa sumber, metoda ini pertama kali dipakai di Jepang, tapi dipopulerkan oleh Cina.

5. TANG YUAN

            sejenis makanan Cina yang diperbuat daripada tepung pulut. Tepung pulut ini dicampur dengan sedikit air untuk membentuk bebola, kemudian dimasak dan dihidangkan dalam air yang mendidih. Tangyuan bolehlah sama ada berisi atau tanpa isi. Secara tradisi, tangyuan dimakan ketika perayaan Yuanxiao, atau Chap Goh Meh.Dalam sejarah, terdapat beberapa nama-nama yang berbeda telah digunakan untuk merujuk kepada tangyuan. Semasa zaman pemerintahan Maharaja Yongle dari Dinasti Ming, namanya dirasmikan sebagai yuanxiao yang berasal dari perayaan Chap Goh Meh, digunakan di bahagian China Utara. Nama ini secara harfiahnya bermaksud "Selamat malam pertama", memandangkan ia adalah Bulan purnama pertama selepas Tahun Baru Cina, selalunya merupakan bulan baru.Walau bagaimanapun, di China Selatan , ia dipanggil tangyuan atau tangtuan.Lagenda mengatakan bahawa semasa pemerintahan Yuan Shikai dari tahun 1912 untuk 1916 , mereka tidak menyukai nama yuanxiao kerana ia kedengaran seperti "mengeluarkan Yuan" . Oleh itu, mereka menukarkan namanya kepada tangyuan. Nama baru ini secara harfiahnya bermaksud "bola bulat dalam sup". Tangtuan juga membawa erti yang sama iaitu "ladu bulat dalam sup". 

6. THAI BEEF SALAD

          Salad yang secara internasional dikenal sebagai salad Thailand, dengan beberapa pengecualian, termasuk dalam empat metode persiapan utama. Dalam masakan Thailand ini disebut yam, tam, lap dan phla. Beberapa hidangan tambahan juga bisa dianggap sebagai salad.
          
          Salad Thailand sering tidak memiliki sayuran mentah atau buah sebagai bahan utama mereka tetapi menggunakan daging cincang, seafood atau mie sebagai gantinya. Mirip dengan salad di Barat, hidangan ini sering memiliki agen souring, biasanya air jeruk nipis, dan fitur penambahan herbal segar dan sayuran lainnya dalam persiapan mereka. Salad Thailand tidak disajikan sebagai makanan pembuka tetapi biasanya dimakan sebagai salah satu hidangan utama dalam hidangan bergaya prasmanan Thailand, bersama dengan nasi (tergantung pada daerah ini dapat beras ketan atau beras non-ketan) atau mie beras Thailand yang disebut khanom dagu. Restoran khusus khao tom kui (nasi biasa bubur) juga melayani berbagai macam salad Thailand dari jenis ubi sebagai lauk. Banyak salad Thailand, misalnya som tam terkenal, juga dimakan sebagai makanan atau camilan sendiri. 

7. TOM YUM GOONG
             Tom Yam (bahasa Thai: ต้มยำ, IPA: [tôm jām], juga kadang-kadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. Sup ini merupakan salah satu makanan Thailand yang terkenal.
             Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur.
8. GAI TOD TAKRAI

Serai sering digunakan untuk penyedap masakan tetapi untuk resep Thai ini, takrai (serai) ditumbuk sampai menjadi halus dan berserat, dan digoreng renyah untuk dimakan bersama dengan ayam goreng. Resep ini mendidihkan ayam sebelum digoreng untuk menjaga daging tetap hangat dan empuk.

9. YAM MAKEUA YO

10. KHAO NEOW MA MUANY (STICKY RICE WITH MANGO)

                 Mango Sticky Rice dalam Bahasa Thai disebut Khao Neeo Mamuang. Makanan ini adalah makanan pencuci mulut dengan bahan-bahan yang Andakhas yakni ketan putih, mangga dan santan. Ketan putih atau Khao Neow dalam Bahasa Thai, bentuknya seperti beras atau nasi dengan rasa yang lebih manis dan teksturnya lebih lengket jika dibandingkan dengan nasi.
                Wujud Mango Sticky Rice ini berupa ketan putih yang ditambah dengan irisan mangga matang yang manis dan kemudian disiram dengan sedikit santan yang kental. Diatasnya lantas ditaburi dengan kacang kedelai yang diolah hingga renyah. Kombinasi ini terdengar agak aneh di telinga orang In

Komentar